UMROH DI BULAN RAMADHAN

Diposting pada tanggal 26 March 2019

 

Bulan ramadhan adalah bulan penuh berkah. Sepanjang bulan tersebut umat islam melakukan serangkaian ibadah yaitu berpuasa, sholat tarawih, berzikir, dan memperbanyak membaca Al Qur’an. Hari dan malam di bulan Ramadhan lebih mulia dibandingkan bulan lainnya.

Bulan ramadhan adalah bulan yang sangat sibuk di Tanah Suci. Mekkah dan sekitar Masjidil Haram dipenuhi jamaah terutama pada sepuluh hari akhir ramadhan. Hal ini mengakibatkan harga meningkat untuk tiket pesawat, hotel, transportasi, dan visa. Umroh pada bulan ramadhan diriwayatkan oleh Ibnu Abas ra bahwa Nabi Muhammad SAW bertanya pada seorang wanita Anshar:

“Mengapa anda tidak ikut haji bersama kami?”

“kami hanya memiliki dua ekor unta. Unta yang satu dipakai oleh suamiku bersama anakku pergi haji. Sementara yang satu digunakan untuk mengairi kebun,” jawab wanita itu. Kemudian Nabi Muhammad SAW berkata:

“jika datang bulan Ramadhan, lakukanlah umroh. Karena umroh di bulan Ramadhan senilai haji bersamaku.” (HR. Bukhari 1782 dan Muslim 1256)

Maksud dari Hadits tersebut adalah penyamaan pahala antara umroh di bulan ramadhan dan pahala haji, bukan dalam pelaksanaan ibadahnya. Tidak berarti jika seseorang sudah berumroh di bulan ramadhan kemudian menggugurkan kewajibannya untuk berhaji.

Versi cetak

Berita Terkait