FASILITAS UMUM DI TANAH SUCI

Diposting pada tanggal 26 February 2019

 

Masjidil Haram dan Masjid Nabawi sebagai tempat berkumpulnya ratusan ribu jamaah dari seluruh dunia tentu saja dilengkapi berbagai macam fasilitas untuk para jamaah. Berbagai fasilitas umum di Tanah Suci ini sebagian berbeda dengan yang ada di Negara kita. Berikut fasilitas yang akan sering ditemui selama berada di Tanah Suci:

1. Toilet dan kamar mandi

Toilet dan kamar mandi yang disediakan cukup banyak, tetapi kita harus mengantri panjang karena pada waktu menjelang dan bubaran sholat akan sangat banyak penggunanya. Untuk satu kamar mandi bisa mengantri 6 sampai 7 jamaah. Oleh karena itu kita harus pintar melihat situasi mana antrian yang lama dan yang cepat.

2. Tempat Wudhu

Fasilitas lainnya di dalam masjid adalah tempat wudhu. Tempat wudhu disediakan cukup banyak dan didesain cukup nyaman untuk berwudhu. Tempat wudhu ada tempat duduknya, ini sangat membantu bagi jamaah usia lanjut agar tidak jatuh dan lelah.

3. Tempat minum air zamzam di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi

Di masjidil haram dan masjid nabawi terdapat keran-keran untuk mengambil air zamzam dan ada galon-galon tempat minum air zamzam. Sebaiknya meminum dari galon “NOT COLD” karena kadar dinginnya biasa (suhu ruang), karena galon lain berisi air dingin seperti air dari kulkas. Jika mengambil air zamzam dari luar masjid sebaiknya memperhatikan tempat zamzam untuk laki-laki (Men only) atau perempuan (Women only).

4. Tempat penitipan sandal/sepatu

Di masjid juga tersedia fasilitas penitipan sandal atau sepatu yang berada sebelum pintu masuk ataupun rak-rak yang berada di dalam masjid. Ingatlah nomor rak atau nomor lemari tempat anda menaruh sandal/sepatu agar tidak bingung mencarinya.

Versi cetak

Berita Terkait